Gelap

Setelah Rumah Pak Eko, Konflik Tetangga Kini Terjadi di Sumsel

Kembang Latar Channel
Ditonton 12 276
85% 30 5

Konflik antar-tetangga makin meluas di tanah air. Selain di kasus Pak RW dipenjara di Makassar dan kasus blokade rumah Pak Eko di Bandung, konflik tetangga juga terjadi di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Bagaimana ceritanya?
Konflik ini terjadi karena jalan desa di Batu Winangun, dibangun rumah toko (ruko). Rupanya, ruko itu dimiliki oleh Sucipto, kepala dusun (Kadus) setempat. Warga lalu protes karena Ruko itu mempersempit jalan desa.
"Warga itu protes karena jalan milik desa dibangun ruko oleh Kepala Dusun. Jalan itu sekarang tertutup bangunan, warga di sana tidak bisa lewat lagi," terang kuasa hukum warga, Afrizal saat dikonfirmasi detik.com, Rabu (12/9/2018).
Afrizal menyebut, jalan desa awalnya selebar 4 meter lebih. Setelah dibangun ruko, kini lebarnya hanya sekitar 1 meter dan tidak dapat dilalui kendaraan roda 4.
"Khususnya mobil nggak bisa lewat lagi, padahal ada 3 RT yang lewat di jalan itu sebagai akses utama. Sekarang warga harus berputar, itulah sebabnya mereka memberi kuasa kepada saya untuk urus agar tidak ada konflik," sambung Afrizal.
Sebagai kuasa hukum, Afrizal mengaku sudah bertemu dengan Sucipto, selaku kepala dusun. Begitu pun dengan Kades Batu Winangun dan Camat Lubuk Raja.
"Sudah ada pertemuan, tapi belum ada kesepakatan. Camat dan Kades belum memberi keputusan meskipun mereka tahu bangunan itu berdiri di atas jalan umum," katanya.
Afrizal menambahkan ruko yang dibangun itu berukuran lebih dari 4x3 meter. Warga hingga Pak Camat sudah meminta bangunan itu digeser tetapi permintaan tak dapat dituruti karena masalah lahan.
"Sampai sekarang bangunan itu masih berdiri kokoh. Camat pernah minta agar jalan digeser ke kanan sedikit. Tapi kan sudah masuk lahan milik orang lain, ya warga menolak," katanya.
Sementara Kepala Desa Batu Winangun, Selamet saat dikonfirmasi lewat telepon seluer belum merespon. Beberapa kali panghilan tidak ada jawaban, begitu juga dengan pesan WhatsApp.

Dipublikasikan tanggal

 

12 Sep 2018

rumah pak ekoujungberungbandungridwan kamil

Bagikan:

Bagi:

Unduh video:

Memuat link.....

Tambahkan:

Daftar putar saya
Lihat nanti
Komentar 23
Muar Dian
Muar Dian 2 bulan yang lalu
Kok busuk bgt ya kepala dusun nya. Yatim piatu kah? Kurang didikan dari org tua?
Line Line
Line Line 2 bulan yang lalu
Copot z dri jabantannya mentingin diri sndri sklian orang sekampung bakar rumah kpla desa itu...
Kodok Ngorek
Kodok Ngorek 2 bulan yang lalu
Tanah pekarangan yg gak punya akses jalan banyak sekali...... Karena keserakahan
Cempaka Arum cempaka
Cempaka Arum cempaka 2 bulan yang lalu
Kepala dusunya minta di kroyok rakyat
patri amelia
patri amelia 2 bulan yang lalu
ini lurah kocluk
Param Param
Param Param 2 bulan yang lalu
kepala dusun kurang ajar... bakar saja kepala dusun itu dgn rukonya... biadab tak ada perikemanusiaan...
Badriyah Bekti
Badriyah Bekti 2 bulan yang lalu
Kpla dusun itu dpet hak dr mn Dah bongkar saja,,jin itu bukan manusia
Mariah Yah
Mariah Yah 2 bulan yang lalu
Hancurin aja,.......
Jono Xiaomi
Jono Xiaomi 2 bulan yang lalu
Emang pd ngk punya otak semua. Cma tanah 1 meter aj pd pelitnya di buat jalan. Emang mati kau bawa tu tanah...
Titi Soleha
Titi Soleha 2 bulan yang lalu
Berbuat lah bijak pak...jangan hanya duniawi saja yg kau pikirkan.....
lexi alhusny
lexi alhusny 2 bulan yang lalu
jgn suara google dong please.. pakek suara sendiri modal lah kalo mau bangun chanel...no like chanel
Kaesih Su
Kaesih Su 2 bulan yang lalu
kepala dusun. bego serakah
Deni Hariyanti
Deni Hariyanti 2 bulan yang lalu
Ini apalagi, byk org stress parah akhir2 ini
Arip Krizyanto
Arip Krizyanto 2 bulan yang lalu
Kayak orang waras aja tu kepala desa
Hany Nurhayati
Hany Nurhayati 2 bulan yang lalu
BENTAR LGI JUGA LUDES
Ni Ti
Ni Ti 2 bulan yang lalu
pada ga punya hati Dan pikiran, Dan perasaan, ga takut klo mati nanti ga ada jalan
cakrawala jingga sk anah
cakrawala jingga sk anah 2 bulan yang lalu
Lagi jadi kepala desa aja sudah sprti itu Klau jadi gubenur apa g se profingsi di akui semua
Yuswanti Yuswanti
Yuswanti Yuswanti 2 bulan yang lalu
Iki namany kepala dusun koplak jalok samenangen dewe demooooo
yusup yusupdiego
yusup yusupdiego 2 bulan yang lalu
Bongkar aja .. skalian lengserkan .. biar gk seenaknya
Mur Yani
Mur Yani 2 bulan yang lalu
Klo dah gk jadi kepala dulu hancurkan saja mentang" berkuasa
Yeti Susilowati
Yeti Susilowati 2 bulan yang lalu
kepala desa kok gitu bongkar aja lo ,,lampor kan aja me pemerintah
簡燕妮
簡燕妮 3 bulan yang lalu
Turun kan,pejabat ,rakus sediri .
okti beriyan
okti beriyan 3 bulan yang lalu
Kepala desanya koplak maunya menang sendiri tdak perdulikan rakyat didemo aja dilengserkan
Berikutnya
LIVE 24/7 KOMPAS TV
14 jam yang lalu